Memilih Lama Berdiri atau Banyak Sujud?

shalatManakah yang lebih utama dalam shalat sunnah. Shalat dengan lama berdiri namun jumlah rekaatnya sedikit. Atau shalat dengan banyak rekaat tapi membaca surat-surat pendek?

Terima kasih

Hamba Allah

Pertanyaan ini sebenarnya telah dijawab oleh para ulama klasik. Pendapat mereka terbagi menjadi tiga:

  1. Lama berdiri lebih utama dengan rekaat sedikit lebih utama daripada shalat dengan banyak rekaat.
  2. Rekaat yang lebih banyak semakin utama, sebab banyak melakukan ruku’ dan sujud.
  3. Dua hal tersebut sama, tidak ada bedanya.

Pendapat pertama adalah pendapat madzhab hanafiyah dan syafi’iyah. Pedomannya yaitu hadits berikut:

عن المغيرة رضي الله عنه يقول: إن كان النبي صلى الله عليه وسلم ليقوم ليصلي حتى ترم قدماه أو ساقاه. فيقال له, فيقول: أفلا أكون عبدا شكورا؟

Al-Mughirah r.a. menuturkan bahwa Nabi Saw shalat malam sampai pecah-pecah kedua tumit atau betisnya. Ketika hal itu ditanyakan kepada beliau, beliau menjawab, “Bukankah aku ini seorang hamba yang banyak bersyukur?” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pendapat kedua adalah diambil oleh malikiyah. Dasarnya adalah hadits berikut ini:

 وقال صلى الله عليه وسلم : “أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد؛ فأكثروا الدعاء”

Dan telah bersabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Waktu yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah saat ia sujud. Oleh karena itu, perbanyaklah doa” (HR. Muslim)

Pendapat ketiga tersebut menjadi pilihan hanabilah.

Pendapat ketiga tersebut menjadi pilihan hanabilah. Dasar yang digunakan adalah hadits berikut ini:

وعن حذيفة رضي الله عنه قال : ” صليت مع النبي صلى الله عليه وسلم ذات ليلة فافتتح البقرة فقرأها ، ثم النساء فقرأها ، ثم آل عمران فقرأها ، يقرأ مترسلا ، إذا مر بآية فيها تسبيح سبح ، وإذا مر بسؤال سأل ، وإذا مر بتعوذ تعوذ”

Dari Hudzaifah ra ia berkata: “Pada suatu malam saya pernah shalat bersama Nabi SAW maka beliau memulaisurat al baqarah dan membacanya hingga selesai/ kemudian surat an nisa dan membacanya hingga selesai. Lalu surat ali imran dan membacanya hingga selesai. Beliau membacanya dengan perlahan-lahan. Apabila beliau meleawati ayat yang mengandung tasbih beliaupun bertasbih. Dan apabila melewati ayat ayat yang mengandung permohonan maka beliaupun berdoa. Dan apabila beliau melewat ayat yang mengandung perlindungan maka beliaupun meminta perlindungan.” (HR. Muslim)

Ada satu komentar menarik dari Ibnu Taimiyah yang mengomentar perbendaan pendapat tersebut. Beliau lebih memilih pendapat ketiga yang mengatakan bahwa kedua-duanya sama. Baik berdiri maupun sujud memiliki keutamaan sendiri-sendiri. Saat berdiri, bacaan surat dan ayat yang dilantunkan membuat berdiri dalam shalat memiliki keutamaan tinggi. Sedangkan sujud juga tak kalah utama, sebab posisi sujud merupakan salah satu posisi penghambaan yang dicintai oleh Allah. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam muslim disebutkan juga bahwa setiap kali manusia meletakkan dahinya dalam sujud, Allah menaikkan derajatnya satu tingkat.

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan. Ketika rasulullah memanjangkan bacaannya hingga berdiri lama, ruku dan sujudnya juga ikut lama. Jadi ruku dan sujud ikut menyesuaikan berapa lama berdiri. Jika berdiri lama, ruku dan sujud dipanjangkan durasinya melebihi biasanya.

Pada kesempatan lain, beliau shalat dengan jumlah rekaat lebih banyak namun durasi tiap rekaat pendek-pendek. Diriwayatkan bahwa beliau pernah shalat dhuha sebanyak 8 rekaat namun tidak lama. Hal ini juga dipraktikkan oleh para shahabat nabi dalam shalat tarawih. Jumlah rekaat yang dikerjakan banyak namun pendek-pendek untuk agar shalat tarawih bisa diikui oleh siapa saja, terutama oleh jamaah yang sudah tua dan lemah. Nah, jadi pilihan terakhir jatuh kepada Anda. Silahkan memilih antara dua cara tersebut. Wallahu A’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s